Sponsor

Friday, August 11, 2017

Kasih Sayang Terhadap Mahluknya



Assalamu'alaikum Wr.Wb di sini saya menjelaskan ARTI KASIH SAYANG di antaranya contoh kasih sayang dan lain-lain. Mari simak berikutnya.


A. KASIH SAYANG

1. Arti kasih sayang Kasih sayang termasuk salah satu akhlak islam. Kasih sayang itu berarti simpati, sayang, belas kasih, kelembutan, baik hati, dan murah hati. Maksudnya adalah kelembutan untuk berbuat baik kepada yang disayangi. Kata ini sekali digunakan untuk kelembutan saja, sesekali juga digunakan untuk perbuatan baik yang lepas dari kelembutan, seperti Alloh menyayangi si fulan. Cara Alloh SWT. menyayangi kadang2 dengan ujian berat. Jika Alloh SWT. Mempunyai sifat di atas, maksudnya tiada lain hanyalah berbuat baik bukan kelembutan. Atas dasar ini, disebutkan bahwa kasih sayang Alloh itu memberi nikmat atau memberi karunia, sedangkan kasih sayang manusia itu kelembutan atau rasa simpati. Rasul SAW. Bersabda dalam hadis Qudsinya, ketika masih sayang itu diciptakan, Alloh SWT. berfirman, AKU adalah Yang Maha Penyayang, sedang kamu yang disayangi. Aku beri namamu dari nama-KU, maka barang siapa yang menemuimu, Aku akan menemuinya, dan barang siapaa yang memutuskanmu, Aku akan memutuskannya. Rasul SAW. Juga mengatakan, Sudah kujelaskan itu. Maksudnya sudah dijelaskan uraian sebelumnya, yaitu bahwa kasih sayang itu bermuara pada dua arti, kelembutan dan berbuat baik. Alloh SWT. telah meletakkan kelembutan ini dalam tarbiat manusia, tanpa meletakkan berbuat baik. "(Basha-ir Dzawi Al-Tamyiz 3/53)


2. Kasih sayang dalam Al-Qur'an Karim

Kata "rahmah" (kasih sayang) dengan berbagai bentuknya dalam Al-Qur'an disebutkan 323 kali. 104 kali disampaikan dengan bentuk kata rahmah, 7 kali dengan bentuk fi'il madhi (kata kerja lampau), 15 kali dengan bentuk fi'il mudhore (kata kerja sedang), 5 kali dengan bentuk fi'il amar (kalimat perintah), 57 kali dengan kata rahmah, 115 kali dengan bentuk rahiim, 4 kali dengan bentuk tafdhil (superlatif), yakni arhamu, 12 kali dengan kata arhaam, 1 kali dengan kata marhamah, 1 kali dengan kata ruhama-u, 1 kali dengan kata ruhma. Di sini saya ingin mengurauikan pembicaraan tentang kasih sayang tersebut dari berbagai sisi dan bentuknya, kasih sayang Alloh SWT., kasih sayang Rasul SAW., kasih sayang kepada orang tua dan saudara, orang-orang mukmin, dan macam-macam kasih sayang lainnya.


3. Kasih sayang Alloh SWT.

Allah SWT berfirman dalam badis Qudsi, "Sesungguhnya Aku, jin dan manusia dalam berita yang besar, Aku Yang menciptakan, sedang yang disembah selain-Ku, dan yang memberi rezeki, sedang yang disyukuri selain-Ku! Kebaikan-Ku kepada para hamba turun, sedang keburukan mereka pada Ku naik! Aku disayangi mereka dengan nikmat-Ku, sedang aku tak butuh mereka, dan mereka membenci Ku dengan berbagai maksiat, sedang mereka orang-butuh pada-Ku, niscya ku cari dia dari jauh, dan siapa yang diantara mereka lari dari-Ku maka Ku-paggil ia dari dekat! Ahli zikir adalah ahli majelis-majelis-Ku, ahli syukur adalah ahli berkunjung kepada-Ku maksiat, sedang mereka orang-orang butuh pada-Ku! Siapa di antara mereka datang kepada-Ku, niscaya Ku cari ia dari jauh, dan siapa yang di antara mereka lari dari Ku maka Ku-panggil ia dari dekat! Ahli zikir adalah ahli majelis-majelis Ku, ahli syukur adalah ahli berkunjung kepada-Ku. Ahli taat kepada-Ku adalah ahli kekasih-Ku,dan ahli maksiat kepada Ku, tak Ku-putuskan rahmat-Ku pada mereka. Jika mereka bertobat kepada-Ku, Aku menjadi kekasih mereka karena Aku menyukai orang-orang yang bertobat lagi membersihkan diri. Jika mereka tak bertobat, maka Aku menjadi thabib mereka, Aku coba mereka berbagiai ujian supaya Ku-bersihkan mereka dari segala dosa dan aib. Kebaikn itu dibalas sepuluh perumpamannya atau Ku-lebihi, sedang keburukan dibalas satu atau Ku-maafkan. Kemudian, jika mereka minta ampun kepada-Ku, akan Kuampuni mereka. Kasih sayang-Ku mendahului murka-Ku, kesabaran-Ku mendahului siksa-ku, dan maaf-Ku mendahului sanksi-Ku. Aku lebih menyayangi hamba-hamba-Ku daripada seorang ibu kepada anaknya. (Al-Ithafar Al-Sunniyah, hlm. 17). Bayangkan, betapa indahnya Allah itu. Itu merupakan contoh-contoh kasih sayang-nya. Dari itula, diantara asma-ul husna-nya ada Al-Rahman dar Ar-Rahim (Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang).Demikian pula ada nama-nama yang berkaitan dengan kasih sayang, seperti, Al-Ghaffar nang Maha Pengampun), Al-Lathiif (Yang Maha Lembut), Al-Wadud (Yang Maha Pengasih), Al-Waali (Yang Maha Pelindung), Al-Barru Maha Penyantun), Al Tawwab mang Maha Penerima Tobat), Al-Afuwwu (Yang Maha Pemaaf, Al-Ra-ufu (Mahabelas Kasih), Al Nafi' mang Maha Pemanfaat), Al Hadi (Maha Pemberi Petunjuk), Al Ghafumu (Yang Maha Pengampun), dan Asy-Syakura (Yang Maha berterima kasih). "Dengan menyifati Allah dengan Ar-Rahmanur rahim, Arhamur rahimin, Ar-rahiim dan Al waduud, terhempaslah kebohongan orang-orang orientalis para pengikut hawa nafsu yang memandang Islam sebagai agama yang tak mempunyai kelembutan. Padahal, adakah yang lebih lembut daripada sifat Allah SWT dengan dan dalam Nya? Dan bahwasanya, semua kelembutan Allah itu jelas tercermin frman-Nya, "Sesungguhnya Rabbku Maha Penyayang lagi Maha Pengasih. "(DR. Abdul Halim Mahmud, hlm. 87) BERIKUT DIANTARA AYAT AL-QUR'AN TENTANG KASIH SAYANG.:
زكتب ربكم علي نفسه الرحمة

ARTINYA: "Rabbmu telah menetapkan atas diri-Nya kasih Sayang."
وربك الغني ذوالرحمة

ARTINYA: "Dan Rabbmu Mahakaya, Lagi Mempunyai Rahmat."
وربك الغفور ذوالرحمة

ARTINYA: "Dan Rabbmu Yang Maha Pengampun, Lagi Mempunyai Rahmat." Dan masih banyak lagi ayat Al-Qur'an yang menjelaskan tentag Kasih Sayang Alloh SWT.

   Sekian trima kasih atas pembacanya, semoga bermanfa'at bagi kita semua. mohon maaf sebanyak-banyaknya bila tulisan Kami ada yang salah. akhirussalam Wassalamu'alaikum Wr.Wb

No comments:

Post a Comment